Langsung ke konten utama

Artikel

Table Of Content [Show]

 

Simak sejarah singkat internet dan perkembangannya hingga saat ini (perkembangan teknologi internet).

     Awal mula internet muncul ketika ARPA (Advanced Research Projects Agency) membentuk sebuah jaringan komputer yang merupakan jaringan internet pertama pada tahun 1969 yang diberi nama ARPANET. Hingga pada tahun 1980 di Amerika Serikat internet mulai dikenal oleh masyarakat dan digunakan namun hanya untuk kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya.

 

    Pada tahun 1986 National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan. Secara perlahan NSFNET menggantikan peranan dari ARPANET dimana merupakan suatu wadah riset yang sama di Amerika serikat. Hal tersebut akhirnya membuat jaringan internasional di beberapa negara mulai dikembangkan dan dihubungkan melalui NSFNET. 


Dan pada akhirnya seiring berjalannya waktu pada tahun 1990 ARPANET diturunkan. dengan perkembangan internet yang meningkat maka pada tahun 1990 juga terdapat layanan yang berbasis tampilan grafis yaitu WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN. Dan juga terdapat InterNIC yang didirikan untuk dapat melayani pendaftaran nama domain dari publik pada tahun 1993.


Di Tahun 1994 internet mulai masuk ke Indonesia yang dikenal dengan nama Paguyuban Network, artinya yaitu semangat kekeluargaan atau kerjasama terjadi begitu akrab di antara para anggota pengembang teknologinya. Adapun pengembang legendaris yang tercatat di sejarah internet tersebut adalah RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Roby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno Purbo. Para tokoh tersebut sangat berkontribusi untuk membangun sejarah IT Indonesia dengan keahlian mereka.


Berbeda dengan pengembangan internet di Indonesia pada saat ini semakin berkembang yang tujuannya ke arah komersial. Namun sisi positifnya dari perkembangan internet saat ini sangat membantu pertumbuhan e-commerce serta perusahaan komersial lainnya yang semakin meningkat dan membantu membangun ekonomi bangsa. Salah satu contoh perkembangan internet yang sangat ramai di tahun 2022 ini adalah konten yang dibuat oleh kalangan masyarakat lalu dibagikan melalui media yaitu YouTube, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Konten tersebut berisi kegiatan harian, film pendek, iklan, talkshow dan lain-lain. Terlebih pada saat ini segala sesuatu yang dibutuhkan harus melalui internet.

 

Tahukah secepat apa Jaringan 5G? dan berapa sih harga paketnya di Indonesia (Internet 5G).

Sebelum berbicara mengenai kecepatan jaringan internet 5G ini mari kita ketahui apa sih itu 5G, teknologi jaringan internet 5G ini adalah jaringan seluler generasi kelima (fifth generation) yang menjadi perkembangan jaringan seluler generasi keempat atau lebih dikenal dengan 4G, dimana jaringan 5G ini menawarkan kecepatan dalam mengunduh dan mengupload data hingga 10 sampai 20 kali lebih cepat dari jaringan internet generasi sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena jaringan generasi kelima ini dibangun diatas jaringan nirkabel dengan menggunakan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas serta menara dan pemancar yang digunakan memiliki lebih banyak antena dan pita radio dengan frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan dan waktu respon yang jauh lebih cepat.

 

Berdasarkan dari situs how to geek, jaringan internet 5G ini memiliki kecepatan yang sangat jauh dibandingkan generasi sebelumnya dimana jaringan 4G hanya memiliki kecepatan internet tertinggi hingga 100 megabyte per detik (Mbps), sedangkan jaringan 5G mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 10 gigabyte per detik (Gbps). hal ini menunjukkan bahwa kecepatan jaringan ini seratus kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, dengan kecepatan seperti itu maka mengunduh file atau data yang jumlahnya besar dari internet yang dulunya memakan waktu berjam - jam sekarang dengan adanya 5G dapat mengunduh dalam waktu hitungan menit saja.


Namun apakah kecepatan tersebut sesuai dengan fakta yang ada? Berdasarkan survei yang dilakukan oleh situs OpenSignal (17 Maret 2022) mengenai 10 Negara dengan unduhan 5G tercepat di Asia Pasifik, menunjukkan bahwa negara dengan kecepatan unduhan 5G pada posisi yang pertama adalah korea selatan yang mencapai 438 Mbps, kemudian di urutan kedua ada Negara New Zealand dengan kecepatan unduhan rata - rata mencapai 263,1 Mbps, dan di posisi ketiga terdapat Negara Australia dengan kecepatan unduhan rata - rata mencapai 224,7 Mbps. 


Lantas Negara kita Indonesia berada di posisi berapa? sayangnya Indonesia berada di posisi ke-10 dari daftar kecepatan rata - rata unduhan 5G di kawasan Asia Pasifik dengan kecepatan unduhan rata - rata mencapai 69,3 Mbps. Namun jangan bersedih kecepatan unduhan ini belum mencapai angka maksimal karena infrastruktur jaringan 5G di Indonesia masih dalam pembangunan dan perkembangan sehingga di masa yang akan datang kemungkinan kecepatan unduhan rata - rata 5G di negara kita dapat meningkat dan bukan tidak mungkin akan menjadi negara dengan kecepatan unduhan 5G tercepat di kawasan Asia Pasifik.


Adapun provider internet yang telah menyediakan layanan 5G di Indonesia, provider tersebut adalah Telkomsel yang secara resmi mengumumkan penggunaan jaringan ini di Indonesia pada tanggal 27 - Mei - 2021, namun hanya lokasi tertentu di Indonesia yang dapat menikmati kecepatan internet 5G ini. Lantas harga paket internet 5G ini berapa? Paket data Early Bird 5G pada acara peluncurannya mulai dari harga Rp 26.000 dengan kuota data sebesar 126 GB lewat aplikasi MyTelkomsel. Selain paket data early bird ini Telkomsel juga menyediakan harga paket data 5G khusus bagi pelanggan yang memiliki perangkat Modem Orbit (Huawei 5G CPE Pro 2). Harga paket data internet 5G Telkomsel tersebut adalah sebagai berikut:

Dalam 3 bulan pertama harga paket data internet 5G Telkomsel adalah:

  • Rp. 130.000 > 100GB (30 hari)

  • Rp. 500.000 > 500GB (30 hari)

  • Rp. 900.000 > 1000GB (30 hari)


Dalam bulan berikutnya harga paket data internet 5G Telkomsel adalah:

  • Rp. 130.000 > 60GB (30 hari)

  • Rp. 500.000 > 350GB (30 hari) 

  • Rp. 900.000 > 650GB (30 hari)


Di masa depan internet bisa apa aja sih? Prediksi future of internet (internet masa depan).

Internet pertama kali bermula pada tahun 1960 dengan nama ARPANET atau Advance research projects agency network. menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, Internet memungkinkan orang untuk mengakses informasi dan pengetahuan serta berkomunikasi. Sebelum munculnya Internet, orang harus menunggu lama untuk pembaruan informasi. Informasi sekarang tersedia dan sering diperbarui dalam waktu singkat.

Menurut Laporan Lalu Lintas Jaringan Global Cisco, diperkirakan 50 miliar perangkat terhubung ke Internet. Menurut laporan Statistic, per Januari 2021, ada 4,66 miliar pengguna internet aktif di seluruh dunia. Saat koneksi internet semakin cepat, semakin banyak situs web yang muncul. Layanan seperti WordPress dan Blogspot memudahkan pengguna membuat situs web secara gratis. Layanan pembuat situs web juga semakin banyak ditemukan.

    Di masa mendatang, permintaan Internet diperkirakan akan sama dengan kebutuhan pokok lainnya. Internet semakin mudah diakses, tidak memerlukan banyak peralatan, dan keberadaannya sangat penting. Berbagai alat telekomunikasi seperti smartphone, laptop, dan alat elektronik  sudah menggunakan internet sebagai media dalam berkomunikasi dan saling terhubung.

    Perkembangan internet melaju dengan pesat, hal yang paling ramai dibicarakan saat ini ialah “metaverse”, sebenarnya apa itu metaverse? Metaverse merupakan kombinasi dari berbagai elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality, dan video dimana pengguna “hidup” di dunia digital.

    Mark Zuckerberg pendiri facebook selalu optimis tentang metaverse dan percaya itu bisa menggantikan internet seperti yang kita kenal. Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Zuckerberg menggambarkan Metaverse sebagai "internet yang akan dibuat." Ini pada dasarnya adalah versi internet yang ditingkatkan. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman berbeda yang tidak tersedia di aplikasi 2D atau halaman web. dalam penerapannya metaverse membutuhkan teknologi pendukung seperti artificial intelligence  (AI), Virtual Reality, Augmented Reality, Mata uang digital. maka dari itu sebagian besar metaverse ini disebut sebagai masa depan dari internet.

         

        Berbicara tentang internet, kita tidak akan pernah lepas dengan yang namanya kualitas kecepatan atau lambat suatu internet, Karena kecepatan internet juga penting. Banyak orang tidak tahu cara memeriksa kecepatan internet. Padahal mengecek kecepatan internet cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dan layanan tersebut disebut speed test.

 

       Speed test adalah layanan yang dibuat agar kita dapat mengukur seberapa cepat atau lambat kecepatan suatu layanan internet. Salah satunya penyedia layanan speed test ini adalah google.

Untuk menggunakan fitur Google speed test, Anda cukup mengetikkan "periksa kecepatan internet" ke dalam kotak pencarian, dan Google akan langsung memproses dan memberikan informasi kecepatan internet yang Anda gunakan dengan tampilan:

  •   Ping adalah latensi koneksi Anda, yaitu seberapa cepat Anda mendapatkan respons setelah Anda mengirim permintaan. Ping dalam milidetik (milidetik). Umumnya, semakin rendah nilai ping, semakin baik kualitas koneksi Internet.

  •  Kecepatan unduh menunjukkan seberapa cepat Anda dapat menarik data dari server ke perangkat Anda. Kecepatan unduh diukur dalam megabit per detik (Mbps).

  • Kecepatan unggah menunjukkan seberapa cepat koneksi dapat mengirim data dari perangkat Anda ke orang lain. Metrik ini juga diukur dalam megabit per detik (Mbps).

Google juga mengklaim bahwa tes ini biasanya mentransfer sekitar 40 MB data. Namun, jika kecepatan internet sangat tinggi, jumlah ini dapat meningkat.

 

Perbedaan dan kelebihan HTML 5 dan HTML generasi sebelumnya (HTML 5 dan HTML sebelumnya).

Sebelum masuk kepada perbedaan dan kelebihan yang ada pada HTML dan HTML 5, HTML atau singkatan dari Hyper Text Markup Language merupakan sebuah bahasa markup yang menjadi salah satu dasar dalam pembuatan website. Sedangkan HTML 5 merupakan versi terbaru saat ini dari HTML yang menggantikan HTML 4.01, XHTM 1.0 dan XHTML 1.1.


Apa saja sih perbedaan HTML dengan HTML yang paling baru yaitu HTML 5 ? Berikut perbedaannya:

  1. Grafis vektor virtual seperti SVG dan canvas sudah didukung oleh HTML 5, sedangkan HTML tidak mendukung, penggunaan grafis vektor yang dilakukan di HTML menggunakan teknologi lain seperti Flash, VML, dan Silverlight. 

  2. Kita bisa menggunakan MathML dan SVG pada HTML 5, sedangkan pada HTML tidak bisa dilakukan hal tersebut.

  3. Pada HTML 5 menggunakan database SQL web untuk menyimpan cache sementara, sedangkan HTML hanya cache browser saja.

  4. JavaScript dapat berjalan di web browser pad HTML 5, sedangkan pada HTML hanya dapat berjalan di thread antarmuka web browser.

  5. Elemen-elemen yang ada pada HTML generasi sebelumnya seperti isindex, noframes, acronym, applet, basefont, dir, font, frame, big, center, strike, dan tt sudah dihapus pada HTML 5. 


Kelebihan-kelebihan yang terdapat pada HTML 5 yaitu:

  1. HTML 5 dapat menangani error lebih baik

  2. Lebih mudah dalam membuat aplikasi web

  3. Syntax pada HTML 5 lebih sederhana 

  4. Mendukung dalam pembuatan website responsive

  5. Mendukung dalam pembuatan konten video dan audio

  6. Sudah mendukung dalam grafik vektor

  7. Pada HTML 5 terdapat penyimpanan informasi secara lokal

  8. JavaScript dapat berjalan di web browser


Setelah mengetahui perbedaan dan kelebihan yang ada pada HTML 5, dapat disimpulkan bahwa banyak keunggulan dan peningkatan yang dapat digunakan sehingga anda dapat lebih maksimal untuk pembuatan website.

 

Sepenting apa Consumer Behavior dalam bisnis di era digital? Yuk disimak 

Untuk mengetahui konsumen yang tepat untuk bisnis kita tentunya diperlukan riset pasar, ada banyak ilmu yang harus diketahui salah satunya dengan mengetahui consumer behavior. Consumer behavior atau perilaku konsumen menjadi dasar bagi seorang konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Nah tahu kan peran penting consumer behavior dalam bisnis kita agar profit bisnis terus meningkat, anda perlu memahami lebih dalam mengenai dasar dan manfaat consumer behavior.

 

Apa itu consumer behavior? Consumer behavior merupakan studi yang dilakukan dalam riset konsumen dan bagaimana perilaku mereka sehingga melakukan pembelian dari suatu produk atau jasa. Berbicara mengenai Consumer behavior mengalami perkembangan secara dinamis, apalagi di era digital seperti sekarang ini perilaku konsumen sudah berubah drastis dan akan terus berkembang. Dengan adanya pemahaman perilaku ini dapat membantu pemasar dalam mengetahui apa, mengapa, dimana, bagaimana dan kapan konsumen mengkonsumsi produk. 

 

Setelah mengetahui apa itu consumer behavior dan mengapa hal itu penting serta manfaatnya bagi bisnis di era digital saat ini. Berikut adalah alasan mengapa kita perlu melakukan riset tentang consumer behavior untuk meningkatkan profit bagi bisnis : 

 

    Mempertahankan dan menarik konsumen

Memahami fundamental consumer behavior sangat penting , dalam menemukan kesuksesan untuk produk/layanan saat ini serta saat meluncurkan produk baru. Menilai produk yang disukai konsumen sangat penting sehingga pemasar dapat memahami apa yang konsumen suka dan tidak suka serta merancang upaya strategi pemasaran mereka dalam menarik dan mempertahankan konsumen berdasarkan riset perilaku konsumen.

 

    Memahami perbedaan tiap karakter konsumen

Dengan memahami consumer behavior maka pemasar mampu membedakan karakter tiap konsumen, dengan hal ini maka produk/layanan yang diberikan dapat menyesuaikan dengan karakter konsumennya itu sendiri. Hal ini membantu pemasar untuk Menyusun strategi yang cocok dan melakukan mitigasi terhadap risiko yang mungkin terjadi ketika mengeluarkan produk ke pasar.

 

    Meningkatkan layanan dan produk bisnis

Setelah mengetahui consumer behavior maka bisnis mampu memberikan pelayanan dan produk terbaik mereka kepada konsumen, riset pasar yang telah dilakukan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang siapa yang akan menerima layanan, apa yang dibutuhkan konsumen, mengapa mereka membutuhkannya dan apa yang tidak mereka cari. 

 

    Mengetahui dan memprediksi tren pasar

Consumer behavior dapat membantu bisnis dalam memproyeksikan tren pasar apa yang akan datang di masa depan. Sehingga tim pemasaran dapat dimudahkan dalam menemukan waktu yang tepat dan cukup untuk bersiap dalam memanfaatkan peluang yang muncul, atau ancaman dan tantangan yang akan datang dengan memahami consumer behavior bisnis itu sendiri.

 

Simak Faktor yang harus diketahui dalam penerapan consumer behavior dalam bisnis

        Perusahaan perlu memperhatikan beberapa aspek untuk kemajuan perusahaannya, seperti strategi pemasaran dan juga perilaku konsumennya. Jika perusahaan gagal dalam menganalisis bagaimana pelanggan akan merespon produk tertentu, perusahaan ini pasti akan menghadapi kerugian. Untuk mengetahui consumer behavior, ada faktor-faktor yang perlu diketahui, agar lebih jelas mengetahui lebih lanjut tentang consumer behavior, simak penjelasan berikut ini.

  Faktor Psikologi

Faktor ini merupakan faktor dari dalam diri konsumen sendiri untuk menentukan tindakan apa yang akan dilakukan. seperti promo atau diskon yang ditawarkan oleh kita sebagai pelaku bisnis. Adapun yang mendorong adanya faktor psikologi pertama motivasi, seseorang cukup termotivasi, ini tentunya akan mempengaruhi perilaku pembelian orang tersebut. Yang kedua Persepsi konsumen,  Ketika seorang konsumen melihat iklan, promosi, review, di sosial media, mereka akan mengembangkan kesan dan persepsi sendiri tentang produk atau brand tersebut maka persepsi konsumen menjadi pengaruh besar keputusan pembelian konsumen. Dan terakhir sikap dan keyakinan, Sikap ini mendefinisikan citra merek suatu produk, bagaimana sikap seseorang terhadap produk atau merek mempengaruhi tindakan membeli atau menggunakan produk atau merek tersebut. 

 

  Faktor Sosial

Makhluk sosial pastinya akan berusaha meniru perilaku manusia lain dan juga ingin diterima secara sosial di masyarakat. Adapun yang mendorong adanya faktor sosial yang pertama keluarga karena keluarga adalah seseorang yang paling dekat dengan kita, seseorang mengembangkan preferensi dari masa kecilnya dengan melihat anggota keluarga membeli produk yang sama. Yang kedua adalah teman di sekitar mereka, semua orang dalam kelompok akan memiliki consumer behavior yang sama dan saling mempengaruhi keputusan pembelian satu sama lain dikarenakan mudahnya bertukar informasi dalam lingkup kecil. Yang ketiga adalah Peran dan status karena Jika seseorang berada dalam posisi tinggi, tentu dia akan membeli produk yang memiliki kualitas yang terbaik karena status tingginya tersebut mengharuskannya.

  Faktor Budaya

      Faktor-faktor budaya ini juga merupakan pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap consumer behavior karena ketika seseorang berasal dari budaya tertentu, perilakunya sangat dipengaruhi oleh budaya yang berkaitan dengan daerahnya masing-masing.

  Faktor Personal

      Ada beberapa yang mendorong adanya faktor personal, yang pertama adalah usia karena para remaja akan lebih tertarik untuk membeli pakaian berwarna-warni dan hobi mereka, seperti games. Sementara, orang yang lebih tua akan lebih tertarik pada produk yang dapat memberikan keuntungan dan berjangka panjang baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga. Yang kedua pekerjaan karena seseorang cenderung akan membeli hal-hal yang sesuai dengan profesinya. Dan terakhir gaya hidup karena gaya hidup adalah suatu sikap, dan cara dimana seorang individu tinggal di masyarakat.

  Faktor Ekonomi

      Setiap orang memiliki ekonomi yang berbeda-beda. Jika seseorang memiliki uang yang pas-pasan maka ia akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan primernya terlebih dahulu. Selain itu terdapat juga ekonomi negara yang sama penting dan besar pengaruhnya terhadap consumer behavior.

 

Mengenali Tentang Digital Marketing dan Multi Channel Marketing

Digital Marketing merupakan kegiatan promosi dalam memasarkan produk atau brand yang menggunakan media digital. Menurut salah satu ahli yaitu Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009), definisi dari digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media seperti blog, website, e-mail, dan berbagai macam jaringan media sosial.

 

Kelebihan dan manfaat dari Digital Marketing yang diperoleh yaitu:

  1. Bisa menjangkau hampir semua pasar

Pada digital marketing, kita dapat menjangkau dan terhubung dengan pelanggan dari berbagai latar belakang, tempat, dan waktu yang berbeda-beda.

  1. Biaya yang lebih murah dan efektif

Biaya yang dikeluarkan pada digital marketing tidak sebanyak pemasaran tradisional karena tidak perlu seperti mencetak poster, mengeluarkan dana iklan, dan pemasaran tradisional lainnya. 

  1. Mengembangkan Brand

Mudahnya pembeli atau konsumen mencari produk atau brand akan menambah brand awareness terhadap pembeli.

 

Multi Channel Marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan banyak saluran komunikasi untuk promosi. Tujuan strategi ini untuk mengoptimalkan saluran komunikasi untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Multi Channel Marketing Plan terbagi 5 yaitu: 

 

1. Website

Strategi ini dilakukan dengan membuat sekumpulan halaman web yang berisi informasi-informasi brand atau produk kita agar lebih dikenal oleh customer.

 

2. Traditional Online Marketing 

  1. Search Engine Marketing

Strategi ini menggunakan mesin pencari untuk mempromosikan brand atau produk seperti Google, Bing, dan Yahoo. Strategi tersebut terbagi menjadi 2 yaitu Search Engine Optimization dan Pay-Per-Click. SEO yaitu optimasi konten digital marketing agar dapat muncul di halaman pertama Google tanpa membayar ke penyedia iklan, sedangkan PPC yaitu membayar biaya ke penyedia iklan agar dapat konten digital marketing kita selalu berada di halaman pertama dan paling atas.

  1. Email Marketing

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email-email promosi kepada pelanggan atau subscriber. strategi ini tidak hanya mengirimkan email saja, tetapi bagaimana kita dapat membuat email itu menarik agar pelanggan ingin membaca isi dari email tersebut.

  1. Influencer dan Affiliate Marketing

Influencer marketing yaitu strategi dengan membayar jasa influencer di internet, lalu influencer tersebut akan mempromosikan atau memasarkan produk kepada pengikutnya di media sosial yang mereka miliki, sedangkan Affiliate marketing strategi dengan melibatkan mitra, dan kita membayar komisi kepada mitra tersebut apabila mereka berhasil menjual produk. 

 

3. Social Marketing

Dilakukan pada social networks atau media sosial dengan membuat konten-konten berupa video dan lainnya. Kita dapat melakukan strategi ini dengan melibatkan segala proses yang berhubungan dengan konten seperti pembuatan, pengelolaan, dan postingan konten.

 

4. Mobile Marketing

Metode ini melibatkan perangkat seluler sebagai medianya contohnya yaitu aplikasi-aplikasi yang ada pada perangkat seluler.

 

5. Offline Marketing

  1. Radio Advertising

Memasarkan brand atau produk dengan memberikan audio atau suara yang bisa didengar pelanggan atau konsumen.

  1. TV Advertising

Kita harus membeli slot atau bagian untuk dapat memasang iklan produk atau brand kita di Televisi.

 

Nah setelah mengetahui pengertian serta contoh digital marketing sekarang bagaimana penerapan atau strategi dalam digital marketing, yuk simak penjelasannya berikut ini :

  • Knowledge Marketing

Strategi knowledge marketing merupakan cara yang digunakan untuk memaksimalkan kinerja website dengan menyampaikan atau memberikan informasi yang baru dan bermanfaat kepada calon pengunjung atau konsumen website anda agar awareness mereka semakin meningkat. Salah satu penerapannya adalah pembuatan ebook gratis dan email marketing.

  • Hard Selling dan Soft Selling

Kedua strategi ini menggunakan cara yang sangat berbeda, dimana hard selling berfokus untuk menawarkan atau menjual produk dan jasa secara langsung kepada konsumen, seperti menjelaskan mengenai produk dan fiturnya. Sedangkan soft selling berfokus untuk mengajak calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa melalui konten yang persuasif, seperti membuat iklan dengan menyelipkan produk penjualan di dalam iklan tersebut.

  • Search Engine Optimizer (SEO)

Strategi SEO adalah strategi yang paling banyak digunakan oleh para pemilik website karena tidak memerlukan biaya karena mengandalkan penggunaan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website secara organik tanpa menggunakan iklan. Salah satu penerapannya dengan membuat artikel, memasang link di website lain hingga melakukan optimasi kecepatan website.

  • Aktivasi Sosial Media (TikTok, Youtube, Instagram dan lainnya)

Strategi terakhir ini dilakukan dengan memanfaatkan sosial media sebagai media untuk menghubungkan para calon konsumen dan pengunjung dengan website. Penerapan dari strategi ini dengan upload konten secara rutin dikanal media sosial, memasang iklan di sosial media, hingga melakukan endorsement.

 

Sudah makin paham kan tentang digital marketing dan penerapan strategi digital marketing, semoga penjelasan kami mengenai strategi ini dapat membantu anda dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa anda tanpa merasa kerepotan.


Simak tahapan dalam memahami Consumer Buying Process dalam bisnis

Apakah sebenarnya ada tahapan dalam proses pembelian sebelum sebagian besar konsumen memutuskan untuk membeli (atau tidak)? Bagaimana jika memang ada cara ilmiah untuk menentukan apa yang termasuk dalam proses pembelian sehingga bisa dipasarkan ke target audiens tertentu tanpa mengharapkan kebetulan? Jawabannya adalah ada. Pembelian hanyalah salah satu dari enam tahap dalam proses pengadaan secara keseluruhan. Dengan memahami enam tahapan ini, Anda dapat memahami cara efektif memasarkan produk Anda ke konsumen.

 

  1. Pengenalan Masalah.

Pemasar perlu mengidentifikasi pemicu persyaratan tertentu, dengan mengumpulkan data dari beberapa konsumen. Ketika konsumen menyadari kebutuhan Menghadapi masalah, situasi di mana ada masalah Perbedaan Antara Keadaan yang Diinginkan dan Keadaan yang Diinginkan benar-benar terjadi.


  1. Pencairan Informasi

Pencarian informasi dimulai dari konsumen Percaya bahwa kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi produk. Konsumen yang mengunggah kebutuhannya Informasi lebih lanjut akan didorong.


  1. Evaluasi Alternatif,

Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk Dan merek, untuk dipilih sesuai keinginan konsumen. Terdapat konsep dasar yang dapat membantu pemasar memahami proses evaluasi konsumen. Pertama, konsumen berusaha memenuhi permintaan. kedua, Konsumen mencari manfaat khusus dari solusi produk. ketiga, Konsumen melihat setiap produk sebagai kumpulan atribut yang memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda beda dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan mereka.


  1. Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian berada di tengah-tengah proses pembelian. Pada titik ini, pelanggan telah menjelajahi banyak pilihan, belajar tentang harga dan metode pembayaran, dan membuat keputusan untuk membeli atau tidak. Namun, pelanggan tetap dapat membatalkan pembelian. Ini berarti Anda harus memperkuat upaya pemasaran Anda dengan memberikan rasa aman kepada pelanggan sambil mengingatkan mereka mengapa mereka harus membeli produk tersebut.

Tipe-Tipe Traditional Online Marketing Beserta Advertising Toolsnya

Traditional Marketing adalah istilah strategi pemasaran yang melibatkan berbagai saluran periklanan, seperti iklan  cetak, baliho, televisi, brosur, dan materi promosi lainnya, kampanye poster, hingga iklan  radio yang memiliki jenis pemasaran yang paling dikenal, mencakup semua iklan yang sering kali dapat dilihat dan didengar setiap hari.

Traditional marketing memiliki potensi untuk menciptakan kesadaran merek. Karena selalu efektif dalam meningkatkan prospek, terutama jika dikombinasikan dengan penggunaan pemasaran digital. Setiap bisnis harus memiliki kegiatan pemasaran offline yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan baru, dan membangun loyalitas pelanggan. Selain itu, strategi pemasaran tradisional masih digunakan karena alasan berikut:

  • Menggunakan strategi pemasaran tradisional dapat dengan mudah menjangkau banyak pelanggan.

  • Item dapat diarsipkan. Pelanggan dapat menjaga barang atau penampilan agar dapat dikonsultasikan secara terus menerus.

  • Mudah dimengerti. Kebanyakan orang dapat dengan mudah memahami pemasaran tradisional karena mereka telah menerapkan strategi jenis ini sejak lama.

 Ada beberapa bentuk tipe-tipe pemasaran tradisional, yaitu:

  • Pemasaran cetak adalah bentuk tertua dari pemasaran tradisional. Pemasaran cetak umumnya mengacu pada ruang iklan di surat kabar, majalah, buletin, dan materi cetak lainnya  untuk tujuan distribusi. 

  • Pemasaran televisi mencakup iklan  televisi dan radio. Keuntungan dari televisi adalah mentransmisikan iklan lebih cepat dan lebih akurat daripada radio. 

  • Pemasaran  surat  menggunakan bahan cetak seperti kartu pos, brosur, surat, milis, dan pamflet untuk menarik konsumen.

  • Telemarketing atau telemarketing adalah telemarketing dengan tujuan membujuk konsumen untuk  membeli suatu produk atau jasa.

Namun tipe traditional marketing juga dapat melakukan pemasaran melalui billboard digital, spanduk, street furniture (rak berita, kios telepon, halte bus), papan reklame.

Meskipun pemasaran tradisional mulai ditinggalkan, sejumlah keuntungan dapat diperoleh dengan menggunakan strategi pemasaran ini.

  • Jangkau pelanggan lokal: Menggunakan pemasaran tradisional dapat mempermudah produk dalam menjangkau pelanggan lokal.

  • Dapat digunakan kembali: Pemasaran online tidak memerlukan media fisik seperti poster atau pamflet

  • Model pemasaran yang dikenal: Model periklanan  sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, terutama orang tua.

  • Eksposur Besar-besaran: Pemasaran tradisional selalu memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

  • Menarik pelanggan baru: Pemasaran tradisional akan memungkinkan Anda menjangkau populasi  besar dan kelompok demografis yang beragam  menggunakan papan reklame, televisi, dan radio untuk menyampaikan iklan.

Sementara pemasaran tradisional telah berhasil di masa lalu, pemasaran tradisional memiliki beberapa keterbatasan seiring dengan meningkatnya penggunaan internet dalam beberapa tahun terakhir. Meluasnya penggunaan Internet, smartphone, dan situs media sosial memungkinkan usaha kecil untuk  mengiklankan produk mereka melalui situs seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, dll. karena lebih murah daripada pemasaran tradisional.

Apa itu Search Engine Marketing, Yuk Simak Penjelasannya Biar Makin Paham

Perlu diketahui bahwa Search Engine Marketing (SEM) jadi salah satu strategi untuk mengiklankan bisnis dengan memunculkan website secara cepat di mesin pencari dalam waktu sehari bahkan bisa dalam hitungan jam loh! Lalu apa definisi dari Search Engine Marketing itu, yuk simak penjelasannya sampai selesai.

 

Search Engine Marketing merupakan strategi marketing yang tidak gratis alias berbayar dengan tujuan utama untuk meningkatkan visibilitas dari website itu sendiri dalam hasil pencarian. Lantas bagaimana cara kerja dari SEM? Pemasar akan menggunakan SEM dengan membuat kampanye dengan kata - kata yang relevan dengan produk/jasa bisnis mereka. 

 

Ketika seseorang menuliskan kata kunci yang relevan dengan produk/jasa disini lah SEM itu bekerja dimana website bisnis akan muncul di hasil pencarian mereka dengan itu website tersebut akan mudah ditemukan dan dilihat oleh calon konsumen. Tahap ini belum menggunakan biaya dalam penerapannya namun metode pembayaran yang berlaku yaitu Pay Per Click (PPC) dimana ketika konsumen membuka atau meng-klik website yang menggunakan SEM maka otomatis biaya iklan akan mulai dihitung berdasarkan jumlah click tersebut.

 

Strategi SEM ini dapat ditemukan di hampir seluruh mesin pencari, namun SEM lebih sering ditemukan di mesin pencari google dimana pangsa pasar pengiklanan website bisnis melalui metode ini dikuasai google hingga lebih dari 92%. Berikut contoh website yang menggunakan metode SEM ini, dimana akan ada tulisan “Ads” atau “Iklan” pada awal alamat website bisnis tersebut.

    Source : Alexa


Berdasarkan hasil penggunaan metode ini, mungkin ada yang heran apa bedanya antara strategi SEM dan SEO (Search Engine Optimization), memang secara garis besar tujuan dari kedua metode ini sama yaitu membuat website bisnis dapat muncul di bagian awal dalam pencarian di mesin pencari, namun perbedaan yang paling mencolok adalah pada website yang menggunakan SEM akan ada tulisan “Ads” atau “Iklan” di alamat websitenya namun website yang menggunakan SEO tidak memiliki tanda seperti itu, serta website SEM akan otomatis berada di atas website yang menggunakan SEO pada mesin pencari.

 

Nah makin paham kan tentang apa itu SEM dan cara kerja strategi tersebut, lantas manfaat dari Search Engine Marketing itu apa? Berikut adalah manfaat dari penggunaan strategi SEM dibandingkan strategi pengiklanan website yang lain :

 

  • Hasil Relatif Lebih Cepat Dibanding SEO

Hasil dari penerapan strategi SEM ini lebih cepat karena setelah kampanye iklan berbayar terhadap website bisnis dipasang maka otomatis website akan tampil di pencarian google sesuai kata kunci yang digunakan. Berbeda dengan SEO yang memerlukan waktu lebih lama agar strategi tersebut berhasil dan muncul di pencarian website bahkan waktu yang dibutuhkan bisa sampai hitungan bulan.

 

  • Tidak Mengeluarkan Banyak Biaya

Manfaat lain SEM iyalah budget yang digunakan dapat ditentukan sendiri oleh penggunanya, dimana biaya yang digunakan mulai dari ratusan ribu, jutaan, hingga puluhan juta tergantung kebutuhan masing - masing.

 

Biaya marketing SEM ini jauh lebih murah dibandingkan promosi offline yang menggunakan billboard atau media offline lainnya, ditambah lagi budget SEM dapat diminimalisir melalui cara penargetan kata kunci yang relevan, perencanaan budget hingga evaluasi kata kunci yang efektif.

 

  • Potensi Tinggi Meningkatkan Conversion Rate

Search Engine Marketing ini dapat meningkatkan conversion rate dengan membidik kata kunci yang search intent pembeliannya tinggi, contohnya seperti kata “Jual jaket murah” saat ada calon pembeli yang mengetik kata tersebut untuk mencari jaket maka website anda akan muncul pada halaman pertama sebagai iklan.


  • Dapat Menentukan Target Audiensnya

Pemasar dapat menentukan target secara spesifik dengan metode SEM ini, dengan menentukan target melalui Google Ads dimana dapat menentukan berdasarkan lokasi, usia, ja

dwal, gender hingga pengguna secara spesifik.

Menggunakan Display Advertising Agar Produk Lebih Menarik

Banyak strategi yang digunakan berbagai perusahaan untuk membuat produknya dilihat menarik oleh konsumen salah satunya menggunakan Display Advertising. Display Advertising sendiri merupakan strategi pemasaran yang sering muncul di situs web maupun media sosial dapat berupa gambar atau video.

Sebagian besar situs web menampilkan iklan pada halaman websitenya, hal tersebut dapat menjadi peluang bagi para pebisnis maupun perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Google Display Network (GDN) memfasilitasi Display Advertising dengan algoritma yang tepat.

Display Advertising terdapat beberapa jenis, tidak hanya banner yang sering kita lihat pada saat mengunjungi website. Jenis Display Advertising berdasarkan format iklannya yaitu:

  1. Banner Ads

Terdapat 2 banner ads yaitu static dan animated. Static banner ads merupakan iklan yang berisi gambar atau tulisan yang dapat ditekan atau diklik dan langsung mengarah ke landing page iklan tersebut. Sedangkan, Animated ads merupakan iklan yang berisi gambar bergerak, tetapi tidak ada suara atau audio. Animated ads lebih menarik ketimbang static ads karena pengunjung dapat mengetahui iklan tanpa mengklik atau mengunjunginya.

  1. Rich Media Ads

Jenis ini memasukkan fitur-fitur ke dalam iklannya agar menjadi iklan yang interaktif. Fitur berupa coutdown, polling atau menampilkan video secara live. Rich Media Ads mementingkan User Experience (UX) dalam pembuatannya supaya iklan dapat lebih menarik daripada iklan yang biasanya.

  1. Video Ads

Merupakan iklan yang menampilkan dalam bentuk video. Jenis iklan ini sering dijumpai pada saat kita membuka suatu website dan secara otomatis terputar.

Dalam display advertising juga terdapat yang namanya Advertising Network. Apakah itu?. Advertising network merupakan jaringan yang menghubungkan pemasang iklan dengan pemilik situs web. Contoh dari advertising network yaitu Innity, Adstars, Adplus, dan Google Adwords. Perusahaan advertising network memfasilitasi pemasangan banner iklan yang dibuat oleh advertiser pada halaman website publisher yang masuk dalam jaringan advertising mereka. Contoh dari perusahaan advertising network adalah Google Adsense, Media.net, dan Pop Ads.

Advertising network membuat publisher memfokuskan dirinya dalam pembuatan artikel yang berkualitas tanpa harus memikirkan traffic rank blog. Peraturan pada advertising network yang harus diikuti dapat dibilang cukup banyak sehingga pemasangan iklan kurang bebas.

Selain advertising network, juga terdapat advertising exchange. advertising exchange merupakan sebuah platform yang memberikan advertiser kendali terhadap siapa yang melihat iklan dan di mana suatu iklan dipasang.

 

 Source : Theviewpoint.com 

Dapat dilihat pada gambar di atas yang bersumber dari The View Point menjelaskan cara kerja dari ad exchange yaitu dengan menghubungkan supply-side platform dan display-side platform. Contohnya seperti ketika seorang pengunjung melihat konten seorang publisher, ad request dikirim agar sebuah iklan ditampilkan. Setiap iklan dilihat tercatat satu impression. Impression inilah yang dapat menjadi nilai jual untuk ad exchange.

Publisher masuk dalam sebuah lelang lewat supply-side platform dan menggunakan data pengunjung untuk menawarkan slot iklan dalam sebuah lelang. Sedangkan, advertiser bisa masuk dalam ad exchange lewat demand-side platform. Mereka bisa melakukan bid maksimum yang bisa dibayar untuk satu slot iklan.

Google Display Ads adalah iklan berbasis visual yang anda lihat saat membaca artikel di blog favorit anda, menonton video di YouTube, atau menggunakan aplikasi seluler. Google Display Ads membantu kita dalam membangun merek yang berharga dan dapat dikenali dan menjaga merek itu tetap di benak anda. Secara garis besar, ada dua jenis Google Display Ads yaitu upload dan responsif. Iklan upload menempatkan tanggung jawab pembuatan dan pengoptimalan sepenuhnya pada anda,sedangkan iklan responsif menyerahkan kendali ke Google Ads. Terdapat 12 ukuran umum pada Google Display Ads:

 

Pada perangkat Mobile: 

  • 300×250

  • 320×50

  • 320×100 

  • 250×250 

  • 200×200

Pada perangkat Desktop: 

  • 300×250 

  • 336×280 

  • 728×90

  • 300×600 

  • 160×600 

  • 970×90

  • 468×60

     

Pada Google Display Ads juga terdapat yang namanya Google Display Network (GDN). GDN merupakan iklan yang ditampilkan dengan bentuk display ads. Dan juga GDN termasuk dalam jaringan aplikasi dan situs milik Google. Google memiliki perjanjian dengan jutaan situs web dan aplikasi. Oleh karena itu, situs dan aplikasi tersebut akan menerima kompensasi karena mengizinkan iklan muncul. Terdapat beberapa jenis penargetan iklan yang dapat kita pilih yaitu:

  1. Topic Targeting

Kita dapat menggunakan jenis ini jika ingin memasang iklan pada website atau platform terkait topik-topik tertentu. Topic targeting dapat mencegah iklan untuk muncul di website atau platform yang sama sekali tidak terkait dengan produk yang ditawarkan. Tetapi jenis ini mungkin kurang cocok jika ingin menargetkan lokasi iklan secara spesifik.

 

  1. Keyword atau Contextual Targeting

Jenis targeting dapat menghubungkan iklan dengan keyword-keyword tertentu. Kita dapat menggunakan jenis targeting ini untuk menempatkan iklan sesuai dengan konteksnya.

 

  1. Interest Targeting

Interest targeting akan memunculkan iklan berdasarkan preferensi target market. Sebelum memakai jenis targeting ini usahakan kita sudah tahu karakteristik calon pelanggan kita. Salah satu cara untuk mempelajari karakter mereka adalah dengan membuat buyer persona.

 

  1. Placement Targeting

Contoh penerapan dari jenis ini adalah setelah mengobservasi website A, B, dan C, kita memutuskan untuk beriklan di website A dan B saja. Karena sebagian besar calon pelanggan lebih sering mengunjungi kedua website tersebut. Placement targeting merupakan pilihan yang tepat jika ingin mencari opsi targeting yang sangat spesifik. 

 

  1. Remarketing Targeting

Remarketing targeting merupakan saat kita melihat iklan produk yang muncul pada saat kita membuka website, padahal sebelumnya kita pernah melihat produk tersebut saat membuka website lain. Jenis ini cocok jika ingin meraih calon pelanggan yang sudah tertarik, namun belum cukup terdorong untuk membeli. Jenis ini juga dapat meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan konversi.

 

  1. Demographic Targeting

Jika ingin menggunakan jenis targeting ini kita harus terlebih dahulu mengetahui karakter calon pelanggan. Mulai dari umur, gender, hingga lokasi domisili mereka. Kita dapat menampilkan iklan berdasarkan karakteristik tersebut. Sehingga, kita yakin bahwa iklannya muncul di hadapan audiens yang tepat.


Social Marketing Sebagai Strategi Bisnis

Social marketing merupakan kegiatan pemasaran untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang dibungkus dengan berbagai kegiatan promosi seperti mengajak masyarakat untuk ikut serta menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Atau juga dapat diselesaikan dengan Tindakan bersama sehingga sosial marketing akan fokus pada permasalahan dan pemecahan pada masalah tersebut.

Social marketing merupakan sarana dan strategi bisnis dalam merubah perilaku individu maupun kelompok dalam masyarakat. Pada pendekatan kepada kelompok masyarakat yang dituju, maka pelaksanaan strategi social marketing tidak akan lepas dari aktivitas yang mempengaruhi. Oleh karena itu dengan strategi social marketing kelompok sasaran atau kelompok masyarakat yang dituju akan mudah menerima, mengolah, mengubah pandangan, dan sikap suatu individu ataupun kelompok sebagai hasil pencapaian akhir dari strategi social marketing yang diterapkan.

Adapun dasar-dasar pemasaran bisnis strategi social marketing adalah produk, harga atau biaya, tempat, dan strategi promosi. Serta terdapat tambahan dalam social marketing yaitu kebijakan dan kerjasama yang merupakan elemen penting dalam ide pemasaran dan gagasan dalam strategi social marketing. Strategi bisnis yang memfokuskan diri pada kampanye isu-isu sosial maka orientasi dari adanya strategi bisnis tidaklah mengarah pada pendapatan materil melainkan pada terjadinya rekayasa sosial dalam masyarakat.

Rekayasa sosial yang dimaksud adalah kesadaran personal maupun komunal (kelompok) dalam masyarakat baik dari aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) maupun psikomotorik (perilaku). Oleh karena itu pada proses mewujudkan kesadaran tersebut maka tools yang digunakan adalah melalui implementasi strategi social marketing untuk menciptakan kesadaran di wilayah pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat proses tersebut yang dinamakan rekayasa sosial.  


Komentar

Posting Komentar